Gasing, Game Tradisional Indonesia yang Dilirik Mancanegara

Posted by: | Posted on: January 1, 2020
Gasing, Game Tradisional Indonesia yang Dilirik Mancanegara

Gasing, game tradisional Indonesia yang dilirik mancanegara. Setiap orang pasti sudah pernah mendengar kata gasing. Apalagi jika pernah duduk di bangku sekolah dasar. Gasing biasanya terdapat dalam buku pelajaran. Entah untuk perkenalan kosakata maupun pengenalan permainan gasing itu sendiri.

Saat ini gasing sudah jarang sekali dimainkan oleh anak-anak dan remaja. Kemajuan teknologi yang demikian pesat membuat anak-anak lebih suka menghabiskan waktu bersama gadget di rumahnya masing-masing. Akibatnya, jiwa sosial anak-anak semakin tergerus. Banyak anak-anak yang bertetangga tidak saling mengenal walaupun hanya dengan mengetahui namanya saja.

Gasing, Game Tradisional Indonesia yang Dilirik Mancanegara

Game tradisional ini dulunya banyak dimainkan oleh dua  anak atau lebih. Mereka akan beradu ketangkasan, saling menunjukkan kemampuan diri. Memutar gasing dengan caranya dan berharap gasingnya akan berputar paling lama dari teman-temannya. Akan ada senda gurau dan canda tawa saat anak-anak asyik bermain gasing. Mereka akan mencandai teman yang tidak bisa memainkan gasing atau membuat gasing berputar dengan baik.

Beberapa tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memamerkan permainan ini di acara Indonesia Weekend di Potter Fields Park, London. Ternyata, warga asli Inggris sangat tertarik dengan permainan yang tergolong sederhana dan unik ini. Tidak hanya anak-anak, tetapi orang dewasa juga sangat terkesan dengan permainan gasing tersebut.

Gasing sendiri terbuat dari kayu. Ada juga yang berbahan dasar logam dan plastik. Sementara tali gasing terbuat dari kulit kayu yang dililitkan menggunakan efek mikroskopik. Bentuk gasing juga bervariasi, ada yang lonjong, bulat, ellips, dan kerucut. Gasing dimainkan dengan menyentakkan tali gasing. Permainan gasing ini biasa dimainkan oleh anak laki-laki saja.

Game tradisional Indonesia ini dimainkan di luar ruangan, seperti halaman rumah atau tanah lapang. Biasanya anak-anak yang sedang lewat ketika beberapa orang sedang bermain gasing, mereka akan berhenti dan melihat permainan tersebut. Sama seperti para pemainnya, mereka menonton sampai lupa waktu.

Selain game tradisional Anda juga peru mengenali permainan game online terbaik saat in yang bisa Anda mainkan dengan udah seperi game Judi Bola.

Nah, kamu ingin anak lupa dengan gadgetnya, kenalkan saja dengan gasing, game tradisional tertua di Indonesia ini. Secara tidak langsung kamu ikut melestarikan permainan yang sudah semakin langka dimainkan oleh anak-anak. Mau, coba?





Comments are Closed